Kategori
Uncategorized

Skincarenya orang males

Sebenarnya, saya bukan tipe orang males berskincare ria, tapi kalo pakai segala macam yang banyak-banget-jenisnya itu saya pribadi jujur aja suka ga istiqomah haha

Ya, jenis skincare ternyata emang banyak banget sodara2.. Kalo kata orang korea mah ya 10-steps skincare routine. Mulai dari cuci muka, deep cleansing, pake toner, serum, krim siang, krim malam, krim mata, masker, sleep mask, dan masi ada lagi kayaknya yang saya ga bisa apal atu2..

Selain krim mata, saya pernah coba semua yang saya sebut di atas.. Termasuk produk gel aloe vera yang viral itu. Tapi, entah kenapa kulit saya ini emang rada sensitif kali ya..jadi ya saya suka ga cocok gitu sama perawatan yang berbahan dasar kimia.. SLS, alkohol, dsj bagi saya pribadi yang asalnya kulit kering-normal jadi malah kering dan akhirnya malah jerawatan

Trus saya beralih lah ke produk alami. Mengganti bahan2 dasar skincare dengan yang alami.. Seperti minyak kelapa, minyak zaitun, hidrosol air mawar, pernah juga beli essential oil gitu. Bener2 nyari yang pure gitu. Buat masker pun saya juga cari yang bener2 bahan dasar alami.. Saya periksain dulu biasanya komposisinya apa atau saya racik sendiri bahan2 di dapur buat dijadiin masker. Alhamdulillah buat saya ini lebih baik.

Tapi, ya dasar orang males akutu.. Kalo lagi ga mood suka aja kelupaan haha.. Dan kalo udah ga ngerutinin skincare-an mulai muncul lagi itu si jerawat trus tobat jadi rajin lagi, trus lupa lagi, trus tobat lagi.. Yaa gitu aja terus

Dan akhirnya lewat2 di feeds produk2 skincare berbahan garam himalaya.. Ada yang jual dengan dicampur bahan kimia seperti jadi sabun muka, masker, dll dan ada juga yang jual toner garam himalaya pure. Penasaran, saya carilah manfaat garam apaan. Oh ternyata garam bagus ya buat kulit..

Yauda, saya beli tu garam. Pure bukan yang udah dijadiin produk skincare. Rencananya waktu tu saya bikin jadi toner. Campurin air trus pake abis cuci muka.

Reaksi pertama, ada perih2nya gitu.. Dan akhirnya saya pakainya harus dibilas air lagi. Tapi, nyoba berhari2 pakai air garam dijadiin toner begini oke juga ternyata.. Selama pakai ini kulit saya jadi bebas masalah. Pas awal pakai dan lagi ada jerawat kecil trus jadi cepet ilangnya, setelah itu ga jerawatan sama sekali lagi. Dan karena ga jerawatan maka perih2 itu ga ada.. Oh ternyata perih2 itu terjadi sebagai reaksi garam membunuh bakteri.. Oke, it works for me

Tapi yaa.. Kembali lagi ke saya yang suka males. Kalo racikan toner saya udah abis, kadang saya mager. Kalo kapas buat pake toner udah abis juga kadang ga langsung beli jadi terlewat lah bertoneran garam himalaya trus ya mulai lama2 muncul lagi itu jerawat stress haha

Lalu, saya ambil jalan pintas yang pasti saya ga pernah lupa. Cuci muka pas mandi.

Jadi setelah cuci muka pake sabun muka, saya ambil aja sejumput garam (seujung jari aja) trus kasi air sedikit dan oles2 ke muka yang masi basah abis cuci muka. Diemin sekitar 20-30 detik, trus bilas. Kalo saya si biar 30 detiknya ga terbuang jadi sekalian sikat gigi.. Abis sikat gigi, kumur, sekalian bilas muka yang abis dikasi garam de..

Hasilnya? Sama kayak saya pakai toner air garam.. Alhamdulillah bebas masalah kulit..

Trus garam juga ternyata ya bagus buat rambut sampai ujung kaki. Kalo sampoan saya campur pake garam. Mandi sambil sabunan trus scrub pake garam (ga tiap hari si), juga buat ngerendam kaki.. Silakan googling manfaat lainnya

Jadi ngerasa all-in-one gitu ga perlu beli macam2 produk beraneka rupa.. Harganya terjangkau juga.. Di syopi ada yang jual 30rb 1kg.. Dan saya pakai yang ukuran 100gr kalo buat muka aja belom abis2 dah setengah tahun 🤣. Jadi, awet dan murah meriah sangat tapi worth it..

Selamat mencoba yaa

*mon maap saya ga bisa nyertain muka selfie saya soalnya saya berniqab. Ini hasil penilaian kondisi muka pake aplikasi aja yaa 😁

Oleh fitrirachmawati

Fitri hanyalah seorang manusia yang ingin mempelajari hidup dengan lebih indah, ingin bisa bermanfaat bagi lingkungannya, dan bisa bernilai di mata Allah..
_akhwatfun_

Tinggalkan komentar